Mencari Ilmu

Mencari ilmu karena Allah
Mencari ilmu pada dasarnya adalah mencari kualitas berbagai dimensi hidup kita. Ibadah dan aktivitas kita lainnya akan berbobot dan berarti, bila disadari oleh ilmu. Sebuah keterangan menyebutkan bahwa ilmu adalah imam amal dan amal adalah makmumnya. Seorang bijak menyebutkan bahwa ilmu adalah kepala sedangkan amal adalah badan.badan tidak berarti sama sekali tanpa kepala. Dan kepala yang tidak berbadan sangat mengerikan: tidak memiliki arti.
Rasulullah mewajibkan setiap kaum muslim untuk mencari ilmu, secara khusus ilmu agama. Sebab ilmu sangat terkait dengan kualitas akhlak, kualitas kerja , dan kualitas kehidupan lainnya. Selain sangat terkait dengan kualitas hidup, mencari ilmu merupakan sarana seseorang masuk ke dalam surga. Mencari ilmu sama dengan mencari surga. Dalam sebuah hadist disebutkan : Abu Hurairah menyebutkan bahwa rasulullah bersabda,”barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Tidaklah sekelompok orang berkumpul di satu rumah allah(masjid,majilis taklim) dimana mereka membaca kitab allah dan mempelajarinya, melainkan turunlah ketenangan kepada mereka. Mereka akan diliputi berbagai rahmat dan dikelilingi oleh para malaikat. Selain itu, allah menyebut-nyebut mereka kepada para malaikat.”
Sementara itu dalam al-Quran allah menjanjikan kepada orang yang berilmu akan diangkat derajatnya.
Hai orang-orang yang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu:”berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah niscaya allah aka memberi kelapangan untukmu dan apabila dikatakan:”berdirilah kamu”, Maka berdirilah, niscaya allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan,(QS Al-Mujadilah:11).
(Sumber:45 jalan menuju surga, Amer bin Muhammad Al-Madari ,hasyimi)

0 komentar:

Posting Komentar