Kisah Persahabatan Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar


Kisah Persahabatan Nabi Muhammad Saw.
Dan Abu Bakar
Dalam perjalanan hijrah ke madinah, Rasulullah Saw.dan Abu Bakar r.a. bersembunyi di gua tsur. Nabi tidak terbiasa menaiki tempat seperti itu,yan diimpit bebatuan runcing dan tajam, sedangkan beliau tidak beralas kaki. Kaki beliau menuntunya hingga mulut gua. Nabi akan masuk, namun Abu Bakar mencegahnya dan berkata,”Jangalah engkau masuk hingga aku masuk terlebih dahulu!”
Abu Bakar r.a. pun masuk dan meraba-raba rongganya. Ia mendapati tiga lubang kecil. Disobeknya kain untuk menutupi satu lubang,sedangkan dua lubang yang lain ia tutup dengan kedua kakinya,khawatir jika lubang itu adalah sarang binatang berbisa yang berbahaya. Lalu ia mengundang Rasulullah Saw.untuk masuk. Beliau pun masuk. Karena sangat letih, beliau meletakkan kepalanya dip aha Abu Bakar,lalu tertidur.
Kekhawatiran Abu Bakar ternyata terbukti, disalah satu lubang yang ditutup dengan kakinya terdapat ular berbisa. Kaki Abu Bakar pun dipatuknya. Dalam keadaan demikian, ia tidak mungkin menarik kakinya, agar ular itu tidak keluar dari tempatnya dan tidak membangunkan Rasulullah Saw.yang tertidur di pahanya. Akan tetapi, rasa sakit Abu Bakar makin menjadi-jadi, eshingga membuatnya tidak tahan. Air mata kesakitan pun jatuh dan menetes di wajah Rasulullah Saw. beliau terkejut dan bangun.
“Ada apa,wahai Abu Bakar?” Tanya Rasulullah Saw.
“Aku dipatuk ular,wahai Rasulullah,”jawabnya.
Maka rasulullah segera mengobati luka patukan itu hingga sembuh.
Ketika siang menjelang, cahaya pun masuk ke gua. Rasulullah menyaksikan Abu Bakar tidak lagi memakai baju yan gdikenakannya ketika dijalan. Ketika ditanya, Abu Bakar menceritakan bagaimana duduk persoalannya, bahwa baju itu telah disobeknya untuk menutup lubang di dalam gua.
Serta merta Rasulullah Saw. mengangkat tangan beliau sambil berdoa,”Ya Allah, jadikan Abu Bakar sederajat denganku di akhir kiamat.”
(Sumber: Berkas-Berkas Cahaya Kenabian,Ahmad Muhammad Assyaf, Era intermedia.”Kado buat sahabat”,Izzatul Jannah )

0 komentar:

Posting Komentar